Saturday, January 08, 2005

"Bantuan" tanpa pamrih?

Sebelum kita terjebak pada pujian-pujian setinggi langit kepada negara-negara barat yang memberi janji bantuan dalam jumlah besar, dan kritik pedas kepada saudara-saudara seiman kita yang dikatakan lebih pelit dalam membantu saudaranya sendiri, ada baiknya kita perhatikan fakta-fakta berikut:


Janji bantuan untuk gempa Bam di Iran dari negara Barat baru cair setelah 1 tahun terjadinya bencana. Itupun hanya 17,5 juta dollar AS dari 2 milyar dollar yang dijanjikan. (Berita Metro TV, Kamis 6 Januari jam 11 malam)


Jangan terkecoh dengan angka-angka yang besar, kalau diperhatikan detailnya, akan terlihat bahwa yang disebut "bantuan" bisa saja malah lebih memberatkan hidup anak cucu kita nanti:

Daftar bantuan dari negara-negara barat:
Australia AUD 1 miliar (USD 767 juta) hibah dan kredit lunak
Uni Eropa Euro 1,5 miliar (USD 2 miliar) pinjaman
Prancis Euro 23 juta (USD 29,9 juta) pinjaman
Jepang JPY 13 miliar (USD 125 juta) pinjaman
World Bank USD 250 juta pinjaman
ADB USD 150 juta pinjaman
Jerman Euro 500 juta (USD 650 juta) pinjaman
Amerika Serikat USD 130 juta pinjaman
Korsel USD 50 juta pinjaman
Inggris *) USD 180 juta pinjaman dan rescheduling

1 Comments:

At January 19, 2016 at 4:13 PM, Blogger Bunda said...

Ini adalah pengumuman untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Pinjaman ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit melalui email di dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda memerlukan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui email saya bfadilah8@gmail.com.
Tuhan memberkati Anda.

 

Post a Comment

<< Home